Tips Rumah Aman dari Kejahatan Pencurian

Membuat konsep rumah, selain mempertimbangkan estetika, kenyamanan, dan anggaran juga harus mempertimbangkan sisi keamanan, artinya anda harus menjadikan rumah aman dari kejahatan. Banyak kasus kejahatan yang menimpa sebuah rumah hunian terutama kasus pencurian di karenakan kesalahan penghuni rumah. Artinya rumah memang dibuat ‘menarik’ minat pencuri untuk melakukan aksinya.

Jika anda membangun rumah, pastikan anda harus mengkonsep rumah yang aman, atau setidaknya tidak mengundang pencuri untuk masuk. Lebih baik lagi jika dalam anggaran keluarga dibuat pos untuk anggaran keamanan. Namun sebaiknya tips rumah aman dari kejahatan berikut ini harus anda ketahui. Seperti apa tipsnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini !

Tips Rumah Aman dari Kejahatan
Rumah biasanya menjadi pilihan sasaran pencuri. Sumber Unsplash

1. Pilih Pintu yang Aman

Pintu dengan model dua daun pintu secara estetika memang lebih bagus daripada pintu yang hanya ada satu daun pintu, apalagi jika rumah anda besar dan ukuran gawang pintu depan berukuran besar. Namun tahukah anda, daun pintu model dua pada pintu rumah memiliki sisi keamanan yang lemah daripada daun pintu satu?

Jika anda memiliki pintu dengan model dua daun pintu maka pastikan memiliki kemanan yang lebih bagus. Berikut adalah beberapa keamanan tambahan yang di rekomendasikan untuk membantu anda menjadikan pintu depan aman.

  • Pasang gerendel.
  • Tambahkan strike plate pada pemasangan handel.
  • Pastikan anda menggunakan gembok, grendel atau kunci pintu dengan kualitas terbaik.
  • Jika anda menggunakna pintu geser, pastikan anda mengunci dengan benar dan memberkan penghalang pada trek/ relnya ketika mengunci pintu.
  • Hindari menaruh kunci depan rumah di bawah pot, bawah keset atau tempat lain yang mudah ditebak ketika anda meniinggalkan rumah dalam kondisi pintu terkunci.

2. Keamanan Jendela

Pintu dan jendela adalah titik masuk paling umum bagi pencuri. Sayangnya, ketika banyak orang fokus pada keaanan pintu namun melah melalaikan sisi keamanan jendela. Banyak pencuri bisa dengan mudah masuk rumah dengan mencongkel jendela. Karena itu perlu memperhatikan kemanan jendela ketika anda membangun rumah.

Tips kemanan jendela.

  • Pasang teralis
  • Perkuat kaca dengan kaca film pengaman jendela
  • Tanam semak berduri di bawah jendela lantai pertama.
  • Pasang lampu halaman belakang jika ada jendela di belakang
Tips Rumah Aman dari Kejahatan
Pastikan jendela anda kuat dan aman. Sumber UNsplash

3. Pekarangan yang Terang

Pencuri, dan penjahat lainnya tentu tidak suka jika mereka beraksi diterangi oleh cahaya lampu. Jauhkan orang jahat dengan pencahayaan luar ruangan yang cukup. Tempatkan lampu di sekitar halaman depan dan belakang anda, di dekat garasi dan bangunan luar ruangan lainnya. Ada beberapa tips dalam memasang lampu pekarangan :

  • Lampu yang diaktifkan oleh gerakan akan sangat membantu.
  • Pakai lampu bertenaga surya atau lampu LED agar hemat energi.
  • Pasang lampu luar ruang dengan pengatur waktu.

4. Perhatikan Keamanan Garasi

Pintu garasi adalah titik masuk ke rumah anda selain pitu depan atau belakang, dan mungkin ini disukai di kalangan penjahat. Dan bahkan jika mereka tidak dapat mengakses bagian dalam rumah anda, kemungkinan besar mereka akan mengambil barang yang disimpan di garasi. Biasakan untuk mengunci semua pintu garasi, baik garasi anda menyatu dengan rumah atau di bangunan berbeda.

Pastikan anda menggunakan pintu garasi dari bahan yang kuat dan tidak mudah dijebol oleh pencuri. Folding gatte besi bisa menjadi pilihan anda. Ada beberapa cara yang lebih mudah untuk mengamankan garasi.

  • Jika garasi anda ada jendelanya, tutupi jendela untuk menyembunyikan barang di dalamnya.
  • Amankan pintu garasi dengan kunci ekstra
  • Pastikan ada alarm yang akan bereaksi ketika terjadi aktifitas di garasi
  • Meskipun mobil sudah ada di garasid an garasi terkunci, pastikan mobil anda aman dengan mengaktifkna alarm mobil.

5. Siapkan Sistem Keamanan

Rumah anda harus memiliki beberapa bentuk sistem keamanan, baik itu sistem yang anda buat sendiri atau sistem keamanan elektronik yang bekerja secara otomatis. Untuk memilih sistem keamanan yang tepat, evaluasi kebutuhan lingkungan dan rumah anda. Anda dapat menghubungi kepolisian setempat untuk mengetahui statistik kejahatan lingkungan dan membantu melakukan evaluasi keamanan rumah atas rumah anda.

Ada beberapa sistem keamanan yang bisa anda gunakan, seperti hal berikut ini :

  • Alarm

Alarm bisa membantu anda dengan segera dengan memberitahu anda bahwa ada gerakan abnormal di lingkungan rumah anda, seperti orang masuk tanpa permisi, gerakan mencurigakan dan sebagainya. Akan lebih baik lagi jika alarm tersebut tersambung ke pihak kepolisian secara langsung.

  • CCTV

Perangkat ini berfungsi untuk memantau secara otomatis pergerakan atau apapun yang terhjadi di sekitar lingkungan rumah anda. Dengan CCTV segala aktifitas dapat terekam. Anda bisa mengaktifkan CCTV sehari 24 jam atau bisa juga menytelnya dengan mendeteksi gerakan. Artinya segala yang terekam adalah hal yang bergerak. Keuntungan menggunakan CCTV adalah, jika kejahatan sudah terjadi, anda bisa melacak identitas pelaku kejahatan jika mereka terekam di CCTV dengan cukup jelas.

  • Tenaga Keamanan

Sistem keamanan ini biasanya digunakan untuk kompleks perumahan. Beberapa perumahan dari rumah subsidi seperti rumah subsidi serang, Bandung, Bekasi dan rumah di perumahan kota lainnya juga menggunakan sistem keamanan seperti ini. Dengan hanya ada satu akses pintu masuk dan keluar yang sama, maka sistem akan membatasi siapa saja yang berkunjung ke kompleks.

6. Kunci jaringan Wi-Fi Anda

Jika anda menggunakan sistem keamanan yang terintegrasi dengan perangkat anda seperti smartphone, maka sebaiknya anda benar-benar mengunci wifi anda. Kunci rumah atau garasi yang sistem kendalinya menggunakan perangkat seluler seperti wifi memang memudahkan anda untuk beraktifitas, namun jika anda lengah menjadi berbahaya.

Pastikan tidak ada orang lain yang bisa mengakses wifi anda. Jaringan wifi merupakan jaringan peer to peer yang memungkinkan seseorang untuk bisa masuk dan mengacaukan semuanya.

7. Minimalisir Tempat Persembunyian

Pepohonan dan semak belukar dapat memberikan kesan rumah yang sejuk dan asri, tetapi juga memberikan tempat yang mudah bagi pencuri untuk bersembunyi. Pangkas pohon dan tanaman di dekat rumah anda yang mulai rimbun dan memudahkan untuk bersembunyi. Pilihlah bunga dan semak yang lebih kecil. Dan jangan abaikan bagian luar rumah anda yang lain yang memudahkan orang jahat untuk bersembunyi. Ada beberapa tips keamanan yang bisa anda gunakan.

  • Simpan bangku dan tangga di tempat aman. Alat ini bisa disalahgunakan oleh pencuri untuk masuk ke rumah anda.
  • Pastikan anda selalu mengunci gerbang, gudang , dan bangunan luar ruangan lainnya.
  • Jangan meninggalkan barang mahal yang dipajang di halaman seperti sepeda, motor atau barang lain yang menarik perhatian pencuri.

8. Simpan Barang Berharga

Jika seseorang berhasil lolos dari sistem keamanan rumah anda, pastikan barang berharga dilindungi di bagian dalam rumah anda. Pastikan perhiasan, dokumen-dokumen penting dan uang tunai dalam jumlah besar disimpan di kamar yang aman dan pada sebuah brankas. Ikuti saran berikut untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari brankas anda.

  • Cari brankas dengan kunci dobel
  • Pilih ukuran brankas yang tepat untuk barang berharga yang ingin anda lindungi.
  • Cari brankas yang nantinya tertanam. Atau tidak mudah diangkat oleh pencuri.

9. Jalin Komunikas dengan Warga Sekitar

Warga sekitar adalah benteng keamanan yang tangguh. Mereka akan melindungi property anda pertama kali ketika ada yang mengancam keamanan property anda jika anda tidak dirumah. Namun ini bisa terjadi ketika anda memiliki hubungan yang baik dengan warga sekitar rumah anda. Akan tetapi, ada beberapa kasus kejahatan yang terkadang malah pelakunya adalah tetangga sendiri.

Karena itu, meskipun anda berhubungan dengan baik dengan tetangga, namun jangan membuat anda lengah. Pastikan anda tetap mejaga rahasia keamanan rumah anda, meskipun dengan tetangga anda. Pastikan anda hanya menitipkan kunci kepada tetangga yang benar-benar amanah dan bisa diandalkan.

10. Bangun Sikap Waspada

Tips Rumah Aman dari Kejahatan
Garasi juga harus diamankan. Sumber Unsplash

Adalah suatu hal yang sia-sia apabila anda sudah membangun konsep atau sistem keamanan rumah yang terbaik, namun anda sendiri sering lalai dalam mengaktifkannya. Karena itu yang diperlukan selanjutnya adalah sikap selalu waspada. Dengan membentuk sikap ini di diri anda, maka anda akan selalu memperhatikan sisi kemanan rumah anda.

Itulah beberapa tips menjadikan rumah aman dari pencurian yang bisa kami sampaikan. Ingat nasehat dari Bang Napi yang sangat populer, kejahatan bisa hadir karena ada kesempatan. Karena itu jangan beri orang jahat kesempatan untuk berbuat jahat karena sikap abai kita pada keamanan rumah sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang dampak internet pada sektor wisata hanya di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =