Inilah 5 Tips Perawatan Audio Mobil Untuk Anda Perhatikan

Saat ini, audio mobil merupakan barang yang umum terdapat dalam setiap mobil. Audio adalah salah satu perangkat pelengkap mobil yang mempunyai fungsi untuk menghibur penumpang dengan melalui radio ataupun lagu yang telah disiapkan. Audio mobil sendiri terdapat beragam merek dan jenis dengan kisaran harga mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta, tergantung pada apa yang ingin dibeli. Akan tetapi, dengan manfaat audio yang lumayan penting untuk menghibur, kadang kala kita banyak menyepelekan perawatan perangkat ini.

Tips Merawat Audio Mobil

Untuk itu, berikut ini adalah tips untuk melakukan perawatan audio mobil. Bisa jadi saat ini Anda belum punya mobil, namun insyaa Allah informasi ini akan bermanfaat bagi Anda. Minimal bisa membantu orang lain yang memiliki mobil agar audio mobil mereka tetap awet dan jarang ke bengkel audio mobil. Selamat menikmati.

Mematikan Audio Sebelum Mematikan Mesin

Langkah yang pertama untuk melakukan perawatan audio yaitu dengan mematikan audio sesaat sebelum mematikan mesin mobil. Ternyata apabila mematikan mesin tanpa mematikan audio akan menyebabkan sistem audio mendapatkan tegangan dari aki dengan kurang stabil sehingga akan merusak komponen yang ada. Hal ini disebabkan karena ketika audio hidup saat mesin sedang mati, audio otomatis akan menyala ketika mesin kembali dihidupkan. Dan akhirnya, audio tersebut mendapat tegangan yang tidak stabil dan bisa jadi mendapatkan kerusakan.

Baca juga: Sejarah Kenteng Magic di Indonesia

Menggunakan CD Original

CD original akan mempengaruhi kinerja audio mobil ataupun audio lainnya. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan CD original membuat efek kinerja optik yang ada di audio lebih baik dimana hal tersebut tidak akan terjadi apabila menggunakan CD bajakan. Dengan menggunakan CD bajakan, efek optik cenderung buruk karena kerja perangkat audio akan menjadi berat dan bekerja lebih keras yang dapat menyebabkan audio akan cepat rusak.

Gambar mobil dengan audio yang bagus, sumber ig @a3greenaudio_gresik
Gambar mobil dengan audio yang bagus, sumber ig @a3greenaudio_gresik

Menggunakan Volume dengan Tidak Melebihi Batas

Langkah selanjutnya yaitu menggunakan volume suara audio dengan keras-keras atau melebihi batas maksimal. Selain mengganggu pendengaran, suara yang keras juga dapat menyebabkan audio menjadi cepat rusak. Selain itu, dengan menggunakan suara dengan keras dapat menyebabkan audio player menjadi cepat rusak akibat hantaman suara yang diperoleh terlalu kuat.

Mengatur Komposisi Bass, Trible, dan Midle dengan Teratur

Mengatur keseimbangan komposisi bass, tribel, midle atau yang biasa disebut dengan equalizer merupakan hal yang cukup menarik. Dengan kombinasi suara bass, tribel dan midlle yang seimbang akan menghasilkan kualitas suara yang terbaik karena enak didengar dan dapat memperpanjang usia audio. Hal tersebut karena equalizer yang berfungsi untuk menyesuaikan suara diatur secara seimbang.

Membersihkan Debu di Head Unit

Langkah terakhir yaitu sering-sering untuk membersihkan debu yang menempel di Head Unit. Bersihkan debu-debu yang menempel di celah-celah yang tak terlihat, karena biasanya dengan banyaknya debu yang menumpuk membuat power audio cepat panas. Sehingga salah satu cara untuk menghindari hal tersebut yaitu dengan membersihkan debu yang banyak menempel di Head Unit.

Semoga informasi tips merawat audio mobil diatas bisa bermanfaat yah. Untuk masyarakat yang lebih luas tentunya, bukan hanya untuk civitas akademika UNY saja. Ada satu artikel lain yang juga bermanfaat untuk Anda bisa jadi, yaitu tips membersihkan kaca mobil. Jika berkenan bisa juga membaca dan berbagi ke netizen lain lewat sosial media. Trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 3