Kaca mobil bagus dan bersih, sumber ig @rhezapramudita0

Tips Bermanfaat: 9 Langkah Membersihkan Kaca Mobil

Sahabat civitas UNY yang berbahagia, saat hendak berkendara tentunya harus memperhatikan kesehatan dan kebersihan kendaraan. Salah satunya adalah mobil, mobil merupakan salah satu kendaraan yang multi fungsi. Adanya terik matahari dan hujan deras di jalanan membuat debu dan kotoran serta air hujan menempel di kaca setiap sudut kaca mobil, sedangkan kaca mobil merupakan hal yang harus di jaga saat berkendara.

Ingin membersihkan kaca mobil yang kotor? Yuk simak tulisan yang kami muat di blog ini hingga tuntas. Siapa tahu ada hal bermanfaat yang bisa diambil dan dibagikan pada sesama, semisal ke pemilik usaha rental mobil, keluarga dekat hingga pasangan hidup Anda, cie cie cie.. 🙂

10 Cara Membersihkan Kaca Mobil

1. Pilihlah tempat parkir yang teduh

Jika membersihkan mobil di bawah terik matahari akan menyebabkan cairan pembersih mobil lebih cepat menguap sebelum dilap.

2. Memilih kain/lap kaca mobil yang tepat

Kain mikrofaber merupakan kain yang cocok untuk membersihkan kaca mobil, terutama kaca depan mobil, karena kain ini memiliki kualitas tinggi untuk membersihkan kaca bagian depan. Pastikan berat kain 300 GSM ( gram square meter). Kain ini dapat menampung air delapan kali lebih banyak, sehingga tidak akan menggores kaca depan mobil.

3. Membersihkan kaca mobil bagain luar

Angkat penyeka (wiper) sebelum membersihkan dan menyemprot cairan pembersih. Biarkan wiper tetap terangkat selama proses pembersihan.
Menyemprotkan cairan pembersih kaca mobil, bisa menyemprotkan dari sisi kanan terlebih dahulu ataupun sisi kiri terlebih dahulu.

4. Usap kaca mobil dengan gerakan vertikal dan horizontal secara lurus

Ambil kain mikrofaber kemudian letakkan di bagian tengan kaca bagian depan kiri, lalu usapakan secara lurus ke bawah, ulangi hingga semua kaca terlap dengan bersih. Setelah bagian kiri kaca depan selesai, kemudian usapkan lagi pada bagian kanan hingga selesai.

Kaca mobil bagus dan bersih, sumber ig @rhezapramudita0
Kaca mobil bagus dan bersih, sumber ig @rhezapramudita0

5. Kilapkan kaca mobil dengan kain mikrofaber

Ambil kain mikrofaber terbaru, kemudian lap kaca depan mobil dengan gerakan melingkar kecil disekeliling permukaan mobil baik dari sisi kanan terlebih dahulu ataupun kiri terlebih dahulu.

Baca juga: Desain Medali Asian Games

6. Letakkan beberapa mikrofaber di atas dashboard mobil

Letakkan kain di atas dashboard mobil agar cairan pembersih mobil tidak mengenai interior yang ada di dalam mobil.

7. Semprotkan cairan pembersih mobil pada kain penggosok

Semprotkan beberapa cairan pada kain, kemudian awali dari sudut kiri bagian atas kaca depan jok penumpang, usap dengan gerakan lurus ke bawah hingga selesai.

8. Menggunakan detailing clay

Mobil yang sangat kotor karena debu, pasir dan lain-lain bisa di bersihkan dengan menggunakan detailing clay, yaitu sejeni tanah liat pembersih kaca mobil. Detailing clay merupakan senyawa elastis yang dapat menangkap pasir serta minyak yang terselip di bagian celah dalam mobil, dan meneriknya keluar. Pembersih ini bisa di dapatkan di toko perawatan otomotif.

9. Usapkan detailing clay di seluruh kaca mobil

Gerakkan detailing clay dari ujung bawah ke ujung atas kaca depan dengan gerakan vertikal dan horizontal, bisa dari sisi kanan ataupun kiri. Ulangi hingga selesai dan kemudian lap kaca mobil dengan kain mikrofaber.

Kami ucapkan rasa terimakasih sudah bersedia membaca tulisan ini hingga akhir. Tentu tak ada gading yang tak retak. Jika ada yang ingin dikoreksi bisa langsung menghubungi kami tentunya. Oh ya, jika anda tidak sempat melakukan pembersihan kaca mobil karena kesibukan, kami rekomendasikan untuk menggunakan jasa bengkel variasi mobil yang dekat dengan tempat Anda. Disana mobil anda akan dibersihkan dengan baik. 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 1 =