Matahari terbenam di Candi Ijo, sumber ig @fathoni_hadi

Indahnya Sunset (Matahari Terbenam) di Candi Ijo Yogyakarta

Apakah Anda sedang mencari spot sunset untuk berfoto? Datang saja ke Candi Ijo Yogya. Mungkin beberapa dari Anda baru mendengar nya, namun di kalangan anak muda dan wisatawan lokal, destinasi wisata ini sudah cukup terkenal. Candi ini berada di atas bukit yang tinggi nya mencapai 357, 402 mdpl- 395,481 mdpl. Sehingga, candi ini disebut sebagai candi tertinggi.

Lokasi dan Rute

Lokasi Candi Ijo Yogya ini adalah di Desa Groyokan, Desa Sambirejo di Desa Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini berdiri di atas bukit Gumuk Ijo yang merupakan bagian dari Perbukitan Batur Agung. Dari pusat Kota Yogyakarta, lokasi wisata ini berjarak 18 km, dan hanya berjarak 4 km saja dengan Candi Ratu Boko.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini, Anda dapat berjalan menuju jalan Yogya-Solo atau melalui jalan yang menuju ke Candi Prambanan. Sebelum sampai di Candi Prambanan, akan ada pertigaan, lalu Anda belok kiri di pertigaan ini dan terus ikuti jalan sampai ke lokasi Candi Ratu Boko sebelum SMP Negeri 1 Prambanan.

Setelah itu, Anda akan melihat perempatan, pilih jalur yang ke timur atau belok kiri. Kemudian, ikuti papan petunjuk yang ada di sana dan akan mengarah kan Anda ke Candi Ijo. Namun, Anda harus tetap berhati-hati, karena akses jalan menuju Candi Ijo ini cukup curam. Dan sebaiknya menggunakan jasa paket wisata Jogja agar mendapatkan petunjuk ke lokasi ini yang akurat.

Matahari terbenam di Candi Ijo, sumber ig @fathoni_hadi
Matahari terbenam di Candi Ijo, sumber ig @fathoni_hadi

Hal Menarik si Candi Ijo Yogya

Candi Ijo Yogya merupakan salah satu candi yang bercorak Hindu, karena relief yang ada di dinding- dinding candi ini dibangun sekitar abad ke- 10 sampai abad ke-11, dimana yang memerintah pada waktu itu adalah Kerajaan Medang. Candi Ijo memiliki teras yang berundak karena berada di atas bukit. Oleh karena itu, lokasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang suka berburu sunset.

Selain itu, jika Anda berkunjung ke destinasi wisata ini, Anda dapat melihat pemandangan Pantai Parangtritis dari ketinggian dan areal persawahan yang mempesona. Sangat menarik, bukan? Candi Ijo mulai di buka pukul 06.00- 17.30 WIB. Dan tentu saja waktu terbaik untuk berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini adalah ketika sore hari.

Fasilitas di lokasi wisata ini juga sudah lengkap. Disana ada Pos Penjagaan yang akan memberikan Anda data mengenai Candi Ijo, mulai dari sejarah keberadaan nya, proses pemugaran nya, sampai penemuan- penemuan lain nya. Ada juga musholla, toilet, serta warung- warung yang menjual makanan dan minuman.

Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan jika berkunjung lokasi wisata ini. Tiket masuk ke Candi Ijo hanya sebesar Rp. 5.000,-/ orang untuk wisatawan lokal. Namun untuk wisatawan asing sebesar Rp. 10.000.

Anda bisa ke Candi Ijo sendirian untuk betul-betul menikmati me time atau pergi bersama rombongan. Jika dengan rombongan kecil, pilihan menyewa mobil minivan seperti Toyota Hiace atau Isuzu Elf bisa menjadi opsi menarik. Namun jika dengan rombongan besar dan banyak, kami sarankan untuk mencari jasa sewa bus Jogja saja. Meski tetap harus berjalan kaki ke lokasi wisata ini tentunya.

Terimakasih sudah menyimak tulisan singkat tentang wisata candi Ijo di Yogyakarta. Semoga bisa bermanfaat bagi dunia wisata Indonesia, mendatangkan keuntungan dari segi ekonomi untuk masyarakat sekitarnya. Aamiin. Jika masih kurang puas dengan spot wisata melihat mataharinya, bisa  juga meluangkan waktu sejenak ke Pintu Langit di Bantul, ada kejutan indah saat matahari terbit disana. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

76 − = 71