Teknik ketok magic

Sejarah Kenteng Magic di Indonesia (Info Berfaedah)

Ketok magic merupakan jasa reparasi plat body kendaraan yang bisa dibilang murah meriah dan terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Terkadang ada kerusakan cat yang bisa diselesaikan ke bengkel cat mobil saja. Namun jika body sampai penyok perlu penanganan khusus dengan ketok magic terlebih dahulu. Cara kerja dan hasil yang ‘magic’ dari Ketok Magic ini menjadi alasan orang-orang yang memilih untuk menggunakan jasa ini. Berikut ini sejarah singkatnya.

Sejarah Kenteng Magic

Adanya kata ‘magic’ dalam jasa ini tak luput dari dugaan masyarakat yang menduga adanya bantuan kekuatan magis atau ‘gaib’. Hal itu dikarenakan tarif yang dikenakan konon selalu dengan bilangan ganjil. Selain itu prosesnya juga dilakukan dalam ruangan tertutup dan tidak mengizinkan konsumen untuk melihat prosesnya. Padahal yang dibutuhkan hanyalah keterampilan mekanik bengkel ketok magic dan perkakas pendukung seperti palu, lamak dan teter yang menjadi senjata andalan ketok magic.

Teter dan lamak merupakan lempeng besi yang dibuat dari baja. Mereka memiliki fungsinya tersendiri seperti lamak yang berfungsi sebagai penahan ketukan di bagian dalam atau belakang plat mobil, sedangkan teter memiliki fungsi sebagai penahan ketukan dari depan plat mobil. Lalu, dalam pengerjaan ketok magic dibutuh 22 lamak dalam beragam bentuk yang disesuaikan dengan bentuk body mobil. Ada juga dua buah teter dan satu palu.

Teknik ketok magic

Menurut para mekanik bengkel ketok magic, kualitas teter dan lamak yang paling baik berasal dari Blitar yakni buatan Mbah Tumirin yang merupakan seorang pandai besi sejak tahun 1979. Mbah Tumirin membuat teter dan lamak di dapurnya yang terletak di Nglegok, Blitar. Adapun kunci utama dari produksi lamak dan teter terletak pada bahan baku dan kerapihan bentuk.

Seperti bahan baku teter dan lamak yang diproduksi oleh Mbah Tumirin terbuat dari besi baja bekas shock breaker truk. Karena itulah menghasilkan ‘benda pamungkas’ yang kuat. Sebelum menjadi Ketok Magic, kenteng teter merupakan nama aslinya. Keahlian kentang teter tersebut diperkenalkan oleh Ahmad Kalsan atau Mbah Turut warga desa Bangsri, Blitar, Jawa Timur.

Mbah Turut kian menurunkan banyak ilmu dan keterampilan meneternya. Sehingga sepeninggal beliau pun sampai saat ini namanya diabadikan pada sebuah jalan di desa Bangsri, Blitar yang menjadi akses menuju ke kediaman Mbah Turut yang sekaligus menjadi bengkel kenteng teter pertama di Indonesia.
Adalah Kusmandi, pria kelahiran Blitar 1959 yang merupakan murid Mbah Turut yang pertama. Berkat ketekunan dan keuletannya saat belajar pada Mbah Turut, akhirnya membuahkan keterampilan Kusmandi hingga melalang buana ke luar daerah bahkan sampai ke Ibu Kota, Jakarta. Namun Jogja merupakan tempat Kusmandi merantau pertama.

Baca juga: Tips Membersihkan Kaca Mobil

Jika dulu orang-orang datang ke bengkel ketok magic dengan rasa penuh penasaran soal bagaimana reparasi yang dilakukan di dalam sebuah garasi secara tertutup dan hanya terdengar suara ketokan. Lalu begitu keluar garasi, semuanya beres. Unik, rapi dan cepat. Kata-kata itulah dibenak konsumen hingga lahir istilah Ketok Magic.

Sekarang, prosesnya bahkan bisa dilihat apalagi ada banyak sekali bengkel ketok magic. Contohnya adalah Finn Auto Express, Laris Abady, Skinner Autoworks, Talenta Body Repair dan sebagainya. Berkat keunikan dan keberhasilan meneter yang dimiliki bengkel ini, banyak warga Jogja mereparasi mobil mereka yang penyok di tempat yang kami sebutkan diatas tersebut.

Oks, akhir kata, kami ucapkan banyak terimakasih sudah menyimat artikel ini hingga akhir. Semoga bermanfaat untuk segenap civitas akademika UNY dan masyarakat umum lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 4 = 10