Pantai Baron, Generasi Awal Pantai Gunungkidul Yang Perlu Dikunjungi

Kabupaten Gunungkidul merupakan dataran tinggi tandus yang tidak begitu dikenal di kalangan masyarakat, terutama pemerhati dan pecandu wisata. Kabupaten ini ramai dikunjungi wisatawan ketika dibuka pantai Baron Wonosari di kecamatan Tanjungsari dan Juga beberapa pantai lainnya untuk dijadikan destinasi wisata.

Menyewa Perahu di Pantai Baron. sumber IG @dewihnif.f

Dan kini Kabupaten yang dulunya gersang, tandus dan sering kekurangan air bertransformasi menjadi kabupaten dengan wisata pantai terbaik di Jogja dan sekitarnya. Semakin pesatnya perkembangan pariwisata maka menjadi semakin populernya wisata pantai di Gunungkidul. Dan hal ini didukung dengan semakin majunya arus informasi dimana tiap orang dengan pernagkatnya dapat memberikan informasi ke penjuru dunia hanya dengan satu sentuhan.

Secara geografis kabupaten Gunungkidul dengan kota Wonosari sebagai ibukota kabupaten merupakan daerah berkapur dan berupa perbukitan, dan sebagian besar garis pantai di Gunungkidul merupakan pantai yang terjal. Akan tetapi dengan mengemas wisata dengan sedemikian rupa, wisata pantai di Gunungkidul menjadi indah dan diminatioleh masyarakat.

Jika masyarakat Jogja membicarakan wisata pantai maka yang terbersit di benak mereka adalah wisata pantai di kabupaten Gunugkidul. Berbagai type pantai ada di Gunungkidul. Mulai dari patai berpasir putuh dan landai seperti pantai Indrayanti. Atau pantai terjal seperti pantai Kesirat. Pantai yang terdapat padang rumput dipinggirnya dan diapit oleh dua perbukitan yang hijau juga ada yaitu pantai Wohkudu.

Yang tidak kalah menarik wisata pantai di Gunungkidul adalah pantai Baron. Pantai baron merupakan pantai yang di gunakan untuk berwisata dan dikenalkan pada tahap awal pariwisata Gunungkidul. Akses ke pantai Baron meskipun jauh dari pusat Kota Jogja sekitar 40 km akan tetapi jalur menuju ke sana sangat bagus. Dengan jalan aspal yang cenderung halus dan juga pemandangan kiri kanan yang berupa pegunungan menambah asyik perjalanan menuju ke pantai Baron. Akan menjadi lebih indah jika perjalanan ke pantai Baron wonosari dilakukan saat musim penghujan. Dikarenakan jika musim kemarau atau musim kering, perbukitan di Gunungkidul tidak hijau.

Pantai Baron sendiri memiliki keunikan tersendiri. Selain memiliki pasir pantai yang halus, terdapat tempat pelelangan ikan yang menyediakan berbagai ikan laut dan cumi. Bagi pecinta seafood pasti cocok berwisata ke pantai Baron. Selain itu terdapat aliran sungai air tawar bawah tanah di sisi kiri pantai. Aliran sungai bawah tanah itu menuju ke laut. Sehingga kita bisa mandi di air tawar ataupun air laut.  Dengan deburan ombak yang tidak begitu kencang karena pantai Baron berada pada cekungan teluk maka wisatawan yang mendekati laut tidak terlalu membahayakan dirinya.

Pantai Baron berupa teluk. sumber IG @roy_susanto219

Selain itu kita bisa menyewa kapal secara rombongan untuk sekedar berkeliling mengitari teluk kecil yang terdapat di pantai tersebut. Teluk itulah yang dijadikan tempat berlabuhnya kapal-kapal tradisional milik masyarakat yang bekerja sebagai nelayan. Nelayan akan berlayar di malam hari dengan mengandalka angin darat yang berhembus ke laut. Sehingga di siang harinya kapal-kapal nelayan digunakan untuk keperluan wisata.

Pantai Baron wonosari, selain sebagai tempat destinasi wisata juga merupakan tempat menjualnya hasil panen masyarkat sekitar, baik itu hasil panen ikan dari laut ataupun hasil panen dari hasil bumi seperti buah-buahan dan palawija. Dengan keberadaan patai sebagai destinasi wisata akan sangat menunjang kelangsungan hidup masyarakat yang bekerja pada sektor pertania dan kelautan. Hal tersebut juga terjadi di pantai kabupaten Bantul semisal pantai Goa Cemara, pantai Parangtritis atau pantai Kwaru. Tentu saja hal ini sangat menggembirakan dan sejalan dengan semboyan pembangunan ekonomi di Yogyakarta yaitu ‘ Among tani dagang layar’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 1