asakan Pedas Favorit di Jogja

Masakan Pedas Favorit di Jogja

Jogja dengan berbagai budayanya ternyata bagi banyak orang epndatang yang pernah tinggal di Jogja selalu terkenang dengan kota ini. Dan meskipun para pendatang terutama yang datang untuk studi di kota ini sudah kembali ke kampung halamannya terkadang ada rasa rindu yang menjadikan ingin mengunjungi kota ini. Mulai dari suasananya, keramahannya, hiruk pikuknya, bahkan makanan pedas favorit yang ada di Jogja.

Seperti halnya di Lombok yang masyarakatnya memiliki kesukaan dengan citarasa pedas seperti ayam taliwang atau ayam rarang yang banyak di jumpai pada rumah makan khas masakan Lombok, di Jogja masyarakatnya cenderung menyukai citarasa manis-pedas. Ketika anda sedang berkunjung ke hutan pinus Mangunan Imogiri maka cobalah mampir ke warung makan khas Jawa di Imogiri pasti akan terlihat bahwa menu masakan Jawa cenderung manis dan pedas.

Tetapi jika anda memang menyukai citarasa pedas ada baiknya mencoba mencicipi masakan yang akan kita bahas di bawah ini. Meskipun orang jawa rata-rata banyak yang menyukai rasa manis akan tetapi di Jogja juga banyak masakan pedas favorit yang di jual di lapak yang tersebar di berbagai sudut kota Jogja.

Masakan Pedas Favorit di Jogja
Mie pedes masakan favorit pedas. Sumber IG @anisadistributormsi

Masakan Pedas Favorit di Jogja

Karena Jogja merupakan daerah tujuan belajar para pendatang, maka untuk diantara masyarakat Jogja mengambil peluang ini dengan membuka rumah makan dengan menu masakan spesial sesuai dengan lidah para pendatang. Diantaranya adalah membuka warung makan dengan menu masakan dengan citarasa pedas. Berikut ini beberapa masakan pedas yang menjadi favorit pendatang dan juga masyarakat Jogja sendiri.

Oseng-oseng mercon

Masakan ini memang masakan oseng-oseng. Hanya saja yang di masak adalah daging dengan memakai banyak bumbu rempah dan juga tentu saja cabai dengan jumlah besar. Oseng mercon yang merupakan masakan pedas favorit di Jogja ini yang paling terkenal adalah oseng mercon Bu Narti.

Lokasi lapak oseng mercon Bu Narti ada di Jl KH Ahmad Dahlan. Ancer- ancernya adalah dari nol kilometer Jogja atau depan kantor pos besar Jogja langsung lurus ke barat. Jalan kebarat itulah bernama jalan KH Ahmad Dahlan.

asakan Pedas Favorit di Jogja
Oseng oseng mercon yang mantap. Sumber IG @jajanyogya

Miedes

Miedes adalah kepanjangan dari Mie Pedes atau mie pedas. Dengan bahan dasar mie dan di olah dengan bumbu khas yang pedas menjadikan mie ini terasa pedas nikmat. Biasanya terdapat toping yang menyertainya yaitu ayam, cumi, atau sosis.

Mie pedes yang terkenal adalah Mie Nyinyir yang salah satu lokasinya berada di Jalan Kaliurang. Jika anda berkunjung ke obyek wisata daerah kaliurang yaitu Merapi Park Jogja maka bisa mempir ke lapak miedes yaitu Mie Nyinyir yang buka cabang di Jalan kaliurang.

Spesial Sambal

Warung ini menjual berbagai sambal dan juga masakan. Ada 33 jenis sambal yang ditawarkan. Warung makan ini biasa disebut warung makan SS. Ada beberapa cabang di Jogja dan kota lain yang buka. Karen a keunikannya dengan menjual berbagai jenis sambal, maka warung makan ini sangat laris dan diburu para penikmat makanan pedas.

Yang menjadikan istimewa warung ini adalah selain cabangnya berada di berbagai kota, masakan yang ditawarkan pun terkenal lengkap. Dari 33 macam sambal, berbagai lauk, bermacam sayur, aneka minuman dan disediakan buah sebagai penyegar.

Ayam Geprek

Mungkin ayam geprek yang dijual di lapak pinggir jalan sebagian anda pernah merasakannya. Akan tetapi di daerah Mrican, Jogja ada warung makan geprek dengan level pedas tingkat dewa. Nama warung ayam geprek ini adalag warung ayam geprek Bu Sum. Lokasi tepatnya berada di sekitar Universitas Sanata Darma.

Masakan Pedas Favorit di Jogja
MAcam masakan dan sambal di warung SS. Sumber IG @food_and_passion

Itulah ulasan mengenai masakan pedas favorit di Jogja. Semoga tulisan pendek ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda yang mencari informasi mengenai masakan pedas yang ada di Jogja. Jangan lupa melihat artikel kami lainnya yaitu tentang review rental mobil di Joga, Termiakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

52 − 47 =