Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta, sumber ig @vandikp

Keunikan Pantai Goa Cemara Jogja Yang Menjadi Daya Tarik Pengunjung

Jogja sebagai destinasi objek wisata yang memiliki beragam pantai yang indah menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin liburan. Bukan Jogja namanya jika tidak punya tempat wisata kekinian seperti Merapi Park hingga wisata alam yang eksotis. Tahu gak sih kalau di Jogja ini ada salah satu pantai yang unik dan sayang sekali untuk kamu lewatkan? Pantai yang unik juga sayang kamu lewatkan tersebut yaitu pantai goa cemara.

Pantai ini berbeda dengan pantai-pantai lain, karena terdapat pepohonan disekitar pantai yang membuat kamu berasa di hutan. Goa cemara terletak di jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul DIY. Harga tiket murah sekali hanya Rp. 5000 saja. Pantai goa cemara terdapat keunikan yang sayang sekali untuk kamu lewatkan, karena ini yang menjadi daya tarik pengunjung. Yuk simak apa saja keunikannya tersebut.

1. Terdapat Vegetasi Pantai Yang Unik

Jika di pantai biasanya hanya terdapat balutan pasir saja, lain halnya dengan pantai goa cemara ini. Pantai ini terdapat vegetasi pantai yang unik berupa pepohonan yang rimbun dan memiliki beragam jenis. Kebanyakan pohon yang tumbuh adalah pohon cemara. Maka dari itu nama pantai goa cemara tercipta karena vegetasi di pantai ini hampir menyeluruh tumbuh pohon cemara.

2. Adanya Atraksi Wisata Budaya

Pantai goa cemara memang sangatlah unik sekali, jika kamu berkunjung ke tempat ini atraksi wisata budaya dapat kamu temui. Beragam atraksi tersebut seperti reog, jatilan, macapat, wayang dan juga gejug lesung. Atraksi wisata budaya sudah pasti tidak mungkin kamu dapatkan di objek wisata lain. Hal ini yang menambah daya tarik objek wisata ini dan menjadikannya keunikan tersendiri.

Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta, sumber ig @vandikp
Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta, sumber ig @vandikp

3. Dibangunnya Mercusuar Yang Menjulang Tinggi

Mercusuar dibangun mencapai ketinggian 40 meter. Untuk melihat pemandangan indah lautan biru, kamu bisa menaiki mercusuar ini. Nah, yang perlu diingat jika kamu ingin naik ke mercusuar hanya diperbolehkan 2 orang saja. Nanti kamu bisa bergantian dengan pengunjung lain. Hal ini diberlakukan demi menjaga keselamatan dan kenyamanan pengunjung agar tidak berdesakan. Kamu juga bisa bebas menikmati keindahan laut hanya berdua saja bahkan bisa mengambil momen penting di atas mercusuar.

4. Keberadaan Konservasi Penyu

Konservasi penyu dapat kamu lihat di pantai goa cemara ini. Konservasi penyu sengaja dikembangkan untuk membuat minat pengunjung agar datang ke tempat ini. Selain itu, konservasi penyu sebagai langkah untuk menjaga kehidupan penyu yang berada di pantai ini agar tidak punah. Gimana? Kamu pasti jarang kan liat penyu secara langsung dengan jumlah yang banyak. Kamu bisa datang ke tempat ini untuk memastikannya sendiri.

5. Pepohonan Yang Menyerupai Goa

Pantai yang terdapat banyak pepohonan memang sangat jarang sekali ditemukan. Banyaknya pepohonan di pantai goa cemara sampai-sampai menyerupai goa karena begitu rimbunnya kemudian menghasilkan sebuah lorong yang gelap. Bisa jadi karena hal ini maka pantai ini dinamakan pantai goa cemara.

Bagaimana sahabat semua? Tertarik menuju kesana kah? Lokasi wisata pantai Goa Cemara ini cukup dekat juga dengan pantai Samas, Parang Kusumo dan Parang Tritis. Jadi bisa sekalian mampir jika masih ada waktu. Semoga bisa bermanfaat untuk segenap civitas UNY dan yang lainnya yah.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 26 = 36