Medali unik asian games 2018 jakarta palembang

Makna Desain Unik Medali ASIAN GAMES 2018 yang Mencuri Perhatian

Indonesia menjadi tuan rumah pada perhelatan Asian Games 2018 . Asian Games telah dibuka secara resmi pada tanggal 18 Agustus 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Sebagai tuan rumah , Indonesia tentunya sudah mempersiapkan semuanya dari jauh- jauh hari. Indonesia juga pasti akan melakukan semuanya dengan sebaik mungkin.

Dari mulai medali yang nantinya akan diperebutkan hingga venue pertandingan. Berbicara mengenai medali, Dewan Olimpiade Asia (OCA) telah mewajibkan tuan rumah untuk menyiapkan dan mnyediakan ribuan medali yang terdiri dari emas, perak, dan medali perunggu. Akan tetapi terkait dengan desain medali pihak OCA memberikan Indonesia kebebasan untuk berkreasi dengan kreativitasnya sendiri dalam pembuatan medali tersebut.

Medali unik asian games 2018 jakarta palembang

Wujud medali emas Asian Games 2018 ini sangat sangat menggambarkan ras, suku , dan agama yang ada di Indonesia. Ada beberapa fakta unik seputar desain medali unik Asian Games 2018 ini.

Motif Batik

Batik Indonesia sudah sejak dulu telah mendunia. Batik juga merupakan salah satu warisan dunia. Untuk motif batiknya sendiri, tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki motif batik yang berbeda- beda . Dalam pembuatan medali Asian Games 2018 ini disisipkan motif – motif batik pada tali medalinya.

Dari beribu banyak motif batik di Indonesia , INASGOC mengambil motif dari tiga wilayah di Indonesia . Motif- motif batik tersebut terdiri dari motif batik yang berasal dari Suku Asmat untuk mewakili Indonesia bagian Timur. Motif Palembang mewakili Indonesia Barat dan yang teakhir motif Jakarta untuk mewakili pusat pemerintahan.

Gambar GBK di Tengah Medali

Pemilihan GBK ini dikarenakan GBK merupakan salah satu arena komplek olah raga terbesar di Indonesia . Dan hampir semua cabang olahraga diselenggarakan di GBK.

Tali Merah Putih

INASGOC memberikan warna merah putih pada tali medali , sesuai dengan warna Sang Saka Merah Putih. Karena warna merah putih memiliki makna filosofis sendiri, yaitu warna merah berarti berani dan warna putih artinya suci.

Informasi Lainnya

Selain itu juga, medali Asian Games 2018 ini juga diproduksi oleh pengrajin lokal. Ketua INASGOC , Erick Thohir memastikan bahwa medali pada ajang Asian Games 2018 ini akan memiliki desain medali unik dan benar- benar melambangkan Indonesia.Desain medali unik ini dibuat oleh desainer muda profesional . Desainer tersebut adalah Elyasa Munster dan Sera Prestasi.
Terpilihnya mereka sebagai desainer Asian Games 2018 itu disebabkan perusahaan tempat mereka bekerja , PT RDM Licensing dan Merketing, menjuarai pitcing design untuk design artwork Asian Games 2018. Keduanya adalah alumni Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Prodi Desain Komunikasi Visual angakatan 2010.

Mereka mendesain medali tersebut dengan desain medali unik , yakni menggabungkan antara desain logo resmi dan maskot Asian Games 2018.Dalam membuat desain medali ini Elysa dan Sarah dibantu seorang rekan lainnya yaitu Erwin Prawata.

Mereka membagi tugas yang berbeda untuk tiap orangnya. Elysa sebagai concept artist , Sera bertugas sebagai 3D designer sedangkan rekan yang satu lagi yaitu Erwin sebagai texture dan engineering artist.Tahapannya membentuk konsep medali yang akan dibuat. Kemudian dijadikan desain 3D untuk digunakan sebagai prototype, aacuan dalam pembuatan desain pada medali.

Selanjutnya desain dan prototype medali diserahkan kepada INASGOC untuk segera diproduksi. Kemudian INASGOC medali yang mereka desain, dengan jumlah sebanyak 5.600 buah. 1.700 merupakan medali emas, 1.700 merupakan medali perunggu , dan sebanyak 2.200 untuk medali perunggu.

Apakah civitas UNY juga ingin memesan model medali yang unik seperti itu? Yogyakarta sebagai salah satu kota yang punya banyak seniman memiliki pengrajin kerajinan termasuk juga medali. Maka sahabat bisa saja langsung googling dengan keyword “jual medali“, “pabrik medali” dll untuk mendapatkan informasi seputar tempat pemesanan medali. Semoga beruntung yak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

87 − 77 =