Dampak Internet Pada Wisata

Dampak Internet Pada Sektor Wisata

Internet merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan kita saat ini. Dengan adanya internet maka seolah tidak ada batas dan jarak antara orang yang satu dengan yang lain. Dengan internet pula berbagai sektor bisnis dapat berkembang termasuk sektor pariwisata.

Dengan keberadaan internet pada kehidupan juga berimbas pada kehidupan sosial masyarakat. Seperti sisi mata uang logam ada sisi negatif dan ada sisi positif. Da kita tahu apa yang menjadi sisi positifnya ketika melihat tayangan berita di televisi. Selain ada dampak buruk bagi generasi muda ada pula dampak baiknya juga.

Dampak Internet Pada Wisata
Budaya selfie membuat konten wisata tersebar secara alamiah. Sumber unsplash

Manfaat Internet Pada Sektor Wisata

seperti kita bahas sebelumnya bahwa internet memiliki sisi positif pada masyarakat. Salah satunya mempengaruhi sektor wisata. Apa saja pengaruh internet pada sektor wisata.

Mengenalkan obyek wisata ke masyarakat

sisi positif internet ini bisa kita rasakan saat ini. Di Jogja banyak bermunculan objek wisata baru selain masih eksisnya obyek wisata lama seperti pantai Baron Gunungkidul. Dan pengenalan obyek wisata baru tersebut rata-rata melalui media sosial dari pengunjung. Dan biasanya pengunjunglah yang menyempatkan momen indah kunjungan mereka dan menyebarkannya di internet.

Dengan berbekal gawai yang kini harganya bersaing untuk murah pengunjung tempat wisata pasti akan mengambil gambar dengan gaya selfie. Dan hal ini sepertinya sudah menjadi gaya hidup masyarakat di era digital sekarang ini.

Menyajikan informasi bagi wisatawan

seseorang yang berniat akan mengunjungi suatu tempat wisata biasanya akan mencari resensi atau sumber informasi. Dan yang paling pertama dituju adalah fitur mesin pencari pada peramban internet. Dan disitulah para calon wisatawan tersebut mencari informasi sebanyak-banyaknya.

Ada berbagai informasi yang bisa kita dapatkan. Kita bisa mengetahui jalur yang menuju tempat wisata tersebut melalui Google Map, bisa melihat ulasan para pengunjung sebelumnya di laman TripAdvisor, atau bahkan bisa juga memesan akomodasi dan transportasi melalui Traveloka.

Ajang ekspresi wisatawan

keberadaan jejaring sosial memberikan andil besar dalam perkembangan wisata. Maraknya budaya selfie memberikan dampak yang positif bagi pariwisata. Bagaimana tidak, bisa dipastikan wisatawan yang berfoto di tempat wisata pasti akan menyebarkan konten tersebut baik video atau foto di jejaring sosial.

Ajang promosi wisata

perkembangan internet menjadikan segala hal mempunyai kesempatan yang sama di dalam dunia internet. Artinya setiap orang bisa mngisi konten apapun di alam internet. Semuanya terbuka bagi siapa saja termasuk pihak pengelola tempat wisata. Itulah mengapa tempat wisata sekarang memiliki halaman resmi di internet.

Halaman resmi pada tempat wisata bisa berupa website, blog, halaman resmi jejaring sosial dan sebagainya. Dan disitulah wisatawan bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan berkunjung.

Dalam mengelola halaman resminya para pengelola wisata ada yang mengelolanya secara profesional dengan membuat website. Seperti di Jogja banyak pengelola wisata mempercayakan pembuatan website pada para jasa pembuatan website di Jogja. Ada pula pembuatan halaman resminya dilakukan secara mandiri.

Memicu pertumbuhan sektor lain

dengan adanya internet dan masuknya konten wisata di pusaran dunia maya nampaknya memicu terjadinya pertumbuhan ekonomi pada sektor lainnya. Dampak ini terasa di Jogja. Dengan adanya pertumbuhan wisata maka penyedia jasa pembuatan website di Jogja kebanjiran order pembuatan website dengan konten wisata.

Dampak Internet Pada Wisata
Foto wisatawan memancing kedatangan wisatawan lain. Sumber IG @travellerindokece

Sektor lain yang tumbuh adalah jasa paket wisata Jogja, jasa sewa mobil sampai jasa pembuatan pernak-pernik yang dijadikan oleh-oleh saat wisata di Jogja. Maka wajarlah jika banyak bermunculan pengusaha muda yang mulai membuka jasa pembuatan website di Jogja bersaing satu sama lain dalam hal mendapatkan klien dari sektor wisata.

Demikian ulasan singkat mengenai dampak internet pada sektor wisata yang dapat kami sampaikan. Dengan adanya fasilitas internet yang merata dan peluang bersaing di duia maya maka sebagian pelaku bisnis wisata mempercayakan pemasaran bisnisnya pada pemasaran digital. Dan pemasaran atau marketing digital profesional akan memiliki dampak pada pertumbuhan pengunjung.

Untu marketing digtal profesional diperlukan website dengan pengerjaan yang profesional pula. Percayakan website anda kepada jasa pembuatan website di Jogja yang berpengalaman mengelola website wisata. Salah satu penyedia jasa pembuatan website di Jogja adalah SEO Anak Sholeh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

61 − 54 =