Kambing

Panduan Bisnis Aqiqah dengan Modal Kecil

Bisnis aqiqah merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek cukup baik. Untuk panduan bisnis aqiqah kita bisa berpatokan kepada hadits dan dalilnya. Usaha ini juga tergolong jenis usaha kecil menengah dan potensial untuk dijalankan di negara yang mayoritas penduduknya muslim seperti Indonesia.

Aqiqah merupakan suatu ibadah sunnah dalam rangka bentuk ungkapan rasa syukur atas kelahiran bayi. Pelaksanaan aqiqah dilakukan dengan menyembelih kambing atau domba. Ketentuan aqiqah yang sesuai syariat islam adalah 1 ekor kambing untuk bayi perempuan dan 2 ekor kambing untuk bayi laki-laki.

Panduan Bisnis Aqiqah

Hukum aqiqah dalam islam adalah sunnah muakkad, atau tergolong sunnah yang sangat dianjurkan. Daging kambing aqiqah biasanya diolah mejadi masakan gulai atau sate, kemudian di bagikan kepada anak yatim, tetangga atau kerabat. Bagi kebanyakan orang biasanya akan menggunakan jasa aqiqah agar lebih praktis, mudah, dan tetap sesuai dengan hukum syar’i. Dan karena jasa ini bersifat regional, maka pastikan anda mencari jasa ini di daerah anda ya, semisal jasa aqiqah jogja, bagi anda yang berada di jogja.

Berikut akan kami jelaskan beberapa panduan bisnis aqiqah dengan modal kecil:

Pengetahuan Tentang Aqiqah dan Niat Memulai Usaha

Belajar
Belajar

Dalam setiap ikhtiar, niat merupakan hal terpenting. Tanpa niat yang benar bisa jadi hasil usaha akan menjadi sia-sia. Niat yang benar juga bisa mebuat anda lebih banyak mendapatkan keberkahan dari apa yang akan anda lakukan.

Langkah selanjutnya adalah merealisasikan usaha aqiqah. Selain itu, aqiqah adalah sebuah ibadah, bukan merupakan tradisi biasa. Di dalam pelaksanaannya terdapat syariat islam yang harus dipenuhi. Oleh karena itu kita perlu mempelajari ilmunya sebelum memulai bisnis. Hal ini bisa dipelajari dengan para ulama atau pemuka agama yang faham akan ilmu aqiqah.

Modal Usaha

Mudal Usaha
Mudal Usaha

Modal merupakan salah satu hal krusial dalam memulai bisnis. Modal yang dibutuhkan dalam usaha ini tergolong cukup besar. Namun, hal ini sebanding dengan keuntungan yang bisa didapat, hal ini tentunya harus didukung dengan pelaksanaan setiap panduan bisnis aqiqah yang maksimal. Dibutuhkan modal materiil dan non materiil dalam usaha aqiqah. Jika modal belum cukup, bisa diakali dengan pinjaman yang tidak mengandung unsur riba atau bermusyarakah (kerjasama) dengan rekanan.

Lokasi Usaha Strategis

Lokasi Strategis
Lokasi Strategis

Salah satu faktor keberlangsungan suatu usaha adalah lokasi yang strategis. Banyak contoh usaha yang tidak bisa berkembang dikarenakan salah pilih tempat usaha. Untuk usaha aqiqah kita bisa memilih lokasi di pinggir jalan dekat keramaian, atau lokasi yang dekat dengan padang rumput.

Kambing

Kambing
Kambing

Jika ingin memulai usaha dengan modal dibawah 10 juta kita bisa membeli beberapa kambing anakan yang akan dibesarkan nantinya. Harga anak kambing tentu akan jauh lebih murah dibanding membeli kambing yg sudah besar. Selain itu waktu yang dibutuhkan tidak cukup lama untuk membesarkan sampai jadi kambing aqiqah.

Atau jika anda ingin lebih murah lagi, anda bisa bekerja sama dengan salah satu peternakan kambing yang terpercaya. Selagi menghemah modal usaha, anda juga bisa menambah jaringan ke peternakan. Dengan kerja sama modal usaha bisa anda minimalisir, anda juga bisa sekalian untuk belajar ternak sendiri, sehingga nantinya bisnis anda bisa berdiri sendiri.

Strategi promosi

Strategi Promosi
Strategi Promosi

Dari keenam uraian diatas, semuanya akan sia-sia tanpa promosi yang tepat. Strategi promosi sangat penting untuk memperluas target market. Terdapat banyak sekali sarana promosi seperti memasang iklan spanduk, brosur, dan via online atau media sosial. Namun, promosi yang paling bagus adalah promosi dari mulut ke mulut. Bisa dimulai dari orang-orang terdekat kemudian menyebar ke orang di sekitar.

Tetapi sebelumnya kita harus menjaga kualitas masakan, kebersihan, dan harus memenuhi syariat islam agar bisa menarik kepercayaan konsumen. Jika baru memulai usaha mungkin akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari konsume, maka dari itu promosi dari mulut ke mulut kepada orang terdekat bisa menjadi peluang, karena mereka sudah mengenal kita jadi proses kepercayaanya bisa mudah.

Panduan bisnis aqiqah dengan modal kecil diatas tentu bisa menjadi tambahan ilmu bagi kita. Akan sangat rugi rasanya jika sampai orang lain memanfaatkan peluang ini mendahului kita. Lihat peluang manfaatkan kesempatan serta lakukan dengan ikhtiar yang maksimal. Insyaallah usaha ini akan memberikan kesuksesan yang diharapkan.

Sekian ulasan dari Informasi Bermanfaat kami, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi anda, Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 4