Bangunan Gaya Eropa Yang Ada di Jogja

Eropa adalah benua yang setiap orang tentu memiliki keinginan untuk mengunjunginya. Hal ini dikarenakan di Eropa terdapat destinasi wisata yang berbeda dengan negara Indonesia. Karena indonesia adalah beriklim tropis sedangkan di Eropa sebagian besar adalah sub-tropis. Karena memiliki iklim dan musim yang berbeda, maka bentang alam, bangunan gaya Eropa dan banyak hal menjadi berbeda dengan daerah tropis.

Namun tahukah anda bahwa ada beberapa bangunan gaya Eropa yang ada di Jogja?  Sebagian dari bangunan unik ini dijadikan destinasi wisata sehingga setiap orang bisa mendatanginya. Bangunan dimana sajakah itu? Simak ulasannya!

Rumah Paris

Bangunan Gaya Eropa
Rumah paris. Sumber agoda.net

Rumah Paris adalah rumah yang memiliki tema Eropa. Dengan desain yang seperti rumah gaya vintage eropa, anda bisa mengambil gambar rumah paris ini sebagai background foto selfie atau prewedding. Lokasi rumah ini ada di Jalan Parangtritis Bantul sehingga sangat mudah ditemukan.

Lokasi tepatnya berada di Dusub tembi, Sewon, Bantul yaitu di Jalan Parangtritis. Warna bangunan yang cerah sangat cocok dengan tema bahagia even pernikahan. Selain itu lokasi ini juga bisa disewa baik perkamar atau satu rumah penuh. Biasanya orang yang menyewa satu rumah penuh menggunakannya untuk acara seperti reuni, syawalan dan sebagainya. Beragam pernak-pernik yag dipajang di Rumah Paris sudah ada bandrol harganya dan bisa anda beli untuk dibawa pulang.

Lokasi rumah paris juga dekat dengan rumah budaya tembi yakni suatu tempat yang sering menyelenggarakan pameran lukisan dan kesenian di Jogja. Jika anda mengunjungi rumah paris, anda bisa sekalian mampir ke rumah budaya tembi.

Cafe Brick

Andamenginginkan suasana kafe ala Eropa? Datanglah ke Cafe Brick. Cafe Brick berada di jalan Damai no.8 Jogja. Bangunan bergaya Eropa masa lalu yang ada di Cafe Brick tentu sangat mencolok di antara deretan bangunan yang ada di Jogja. Beragam masakan khas Eropa dan masakan pedas favorit di Jogja dengan harga yang terjangkau bisa anda pesan disini.

Jendela besar berbingkai kayu khas bangunan Eropa menyusun dinding bagian depan. Sedangkan di bagian belakang jendela itu terdapat meja panjang yang menempel di dinding batu bata merah. Radio dan telepon putar telah bertempat di atas meja itu sebagai atribut. Cafe ini memiliki beberapa spot fotografi yang instagrammable. Spot fotografi ini yang ada di luar dan di dalam ruangan cafe.

Gereja Gothic Sayidan

Bangunan ini adalah rumah hunian yang lama dibiarkan kosong yang bentuk desainnya menyerupai gereja. Rumah ini milik pengusaha kain di Jogja yang sukses dan memiliki hubungan dengan pihak keraton. Sejak orang tua dari pemilik rumah tersebut meninggal, anak-anaknya tidak ada yang menempati rumah tersebut.

Bangunan ini mulai dibangun pada tahun 80an dan tentunya tidak dikerjakan oleh jasa bangun rumah yang sembarangan. Perlu tukang bangunan dan perancang bangunan yang berpengalaman. Bangunan yang menyerupai gereja abad pertengahan tersebut meskipun terbengkalai masih banyak orang yang mendatanginya untuk sekedar mengambil gambar atau selfie. Selain dijadikan ajang selfie, bangunan ini juga dijadikan ajang foto prewedding.

The Lost World Castle

Kastil khas Eropa ini dibangun dengan memanfaatkan batu dan pasir sisa erupsi Gunung Merapi. The Lost World Castle yang berlokasi di lereng Merapi menjadikan tempat wisata ini menarik untuk dikunjungi. Kunjungan dari wisatawan selalu ramai meskipun Merapi merupakan salah satu gunung paling aktif di dunia. Salah satu usaha mesyarakat untuk bangkit pasca bencana erupsi merapi adalah dengan membangun kastil ini.

Bangunan Gaya Eropa
Gereja Gothic. Sumber Kompasiana

Itulah ulasan mengenai bangunan gaya Eropa yang ada di Jogja. Dampak internet pada wisata di Jogja memang sangat terasa.hal ini bisa dilihat dengan semakin ramainya destinasi wisata yang bermunculan. Meskipun masih tergolong baru, namun kunjungan wisatawan tidak kalah dengan destinasi wisata yang sudah berdiri lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 5 =