ilustrasi jenis sim yang diperlukan untuk rental mobil

Apakah Perlu SIM A untuk Bisa Sewa atau Rental Mobil di Jogjakarta?

Surat Izin Mengemudi atau sering disingkat menjadi SIM merupakan hal yang dibutuhkan untuk para pengendara kendaraan. Selain demi ketertiban dalam berlalu lintas hal ini juga demi keamanan pengendara kendaraan itu sendiri. Jenis SIM pun juga bermacam – macam, khusus untuk mobil adalah SIM A. Lantas apakah dibutuhkan SIM A juga ketika kita menyewa mobil, khususnya di kota Istimewa yaitu kota Jogjakarta, simaklah beberapa ulasan berikut.

Perlu SIM A

Penggunaan SIM A dirasa perlu dan sangat penting bagi para pengemudi kendaraan bermobil, khususnya bagi para sopir yang bertugas mengantarkan para wisatawan hingga pejabat untuk mengunjungi berbagai tempat di kota Jogjakarta. Adanya SIM A menjadikan persyaratan wajib bagi mereka. Selain demi keamanan, tingkat profesionalitas mereka juga menjadi lebih tinggi dan dihargai. Banyangkan saja jika mereka tidak memiliki SIM A, lalu tiba – tiba di tengah perjalanan ada tilangan oleh polisi? Bisa kacau semua perjalanan yang telah diagendakan.

Jadi, untuk keamanan diri sendiri termasuk kendaraan yang dipakai, ada sebagian besar layanan jasa sewa atau rental mobil yang mengharuskan pihak penyewa untuk memiliki SIM A. Apalagi jika jasa rental mobil tersebut tergolong profesional, kredibel dan sudah memiliki izin resmi, biasanya mereka tidak mau mengambil risiko terlalu besar dengan mengizinkan penyewa mengendarai mobil tanpa memiliki SIM A.

ilustrasi jenis sim yang diperlukan untuk rental mobil
Ilustrasi jenis sim yang diperlukan untuk rental mobil, via tokopuas.com

Tidak Perlu SIM A

Perusahaan penyedia jasa layanan sewa atau rental mobil telah menjamur di Jogjakarta. Selain akan memudahkan individu untuk bepergian hal itu juga menjadi kenyamanan tersendiri untuk kita leluasa dalam bepergian. Sebenarnya, menurut beberapa opini orang ketika kita menyewa mobil, kita tidak diharuskan memiliki SIM A lho. Iya memang benar, tidak perlu memiliki SIM A jika memang kita tidak mengemudikannya.

Alasan lain yang membuat kita tidak memerlukan SIM A diantaranya adalah keberanian individu itu sendiri yang memang sudah mengetahui seluk – beluk daerah Jogjakarta. Ia mengetahui jalanan yang aman untuk dilalui, sehingga dapat terhindar dari razia polisi serta dapat mengefisienkan waktu perjalanan.

Sebagai bahan pertimbangan, perlu atau tidak perlunya SIM A untuk dapat menyewa atau merental mobil di Jogjakarta, kembali lagi pada kesepakatan awal antara pihak penyewa dan penyedia jasa layanan sewa mobil itu sendiri. Ketika memang dirasa perlu SIM A maka kita sebagai penyewa alangkah lebih baiknya mematuhi aturan tersebut. Namun, jika sebaliknya maka kita juga perlu berhati – hati, karena selain tidak memiliki SIM kita sebenarnya telah melakukan pelanggaran dalam ketertiban berlalu lintas.

Jadi, demikianlah penjelasan mengenai perlu atau tidaknya SIM A saat merental atau menyewa mobil. Harapannya dengan adanya ulasan ini para pembaca, terutama bagi para pengemudi kendaran bermobil menjadi lebih mengetahui dan memahaminya. Sehingga mengetahui tujuan diperlukannya SIM saat berkendara.

Selain itu yang cukup penting bagi diri kita juga adalah adanya rasa nyaman saat berpergian ke Jogja. Semisal mau ke Candi Ijo atau lokasi wisata yang lain jadi tidak perlu kucing-kucingan dengan pak Polisi, he he. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + = 20